Makna Surat Al Baqarah 186

 


Tausiyah Taraweh UII

Sabtu, 10 Ramadhan 1444 H/ 1 April 2023

Oleh: Ustadz Subhan Afifi


Apabila kita bertilawah dan mentadaburi ayat- ayat tentang puasa surat Al Baqarah ayat 183-187. Maka kalau kita perhatikan ayat ini ada yg unik. 

Ayat 183 sering kita dengar bahkan mungkin kita hafal. Ayat 183 tentang perintah puasa dan tujuannya. Ayat 184 teknis berpuasa. Ayat 185 masih tentang puasa, bulan Ramadhan bulan diturunkannya Al Quran dan teknis puasa. Bagi yang safar dan yang sakit. 

Yang unik ayat 186, tentang doa, ayat 187 perlu jadi perhatian bapak-bapqk dan mas-mas yang sudah berkeluarga, bolehnya hubungan suami istri di malam Ramadhan, dan tidak boleh saat iktikaf atau di siang hari bulan Ramadhan. 

Arti dari surat Al Baqarah ayat 186, "Dan apabila hamba- hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepadaKu. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)Ku dan beriman kepadaKu, agar mereka memperoleh kebenaran."

Ini ayat yang unik, ada faedah yang bisa kita ambil dari ayat ini meski sekilas tidak ada hubungan dengan puasa:

1. Ayat ini menunjukkan keutamaan dari orang yang berpuasa. Kita diperintahkan untuk sungguh- sungguh dan memperbanyak doa saat puasa. Orang yang lemah saat berpuasa maka doanya mudah untuk dikabulkan. Termasuk misalnya orang yang terdzolimi, karna posisi mereka lemah.

Sebuah hadits dikatakan:

"Sesungguhnya doa orang yang berpuasa saat berbuka maka doanya tidak tertolak."

2. Fenomena pengabulan doa. 

Dari Said ra, Rasulullah Saw bersabda:

"Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: (1) Allah akan segera mengabulkan doanya, (2) Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal."

Doa itu adalah ibadah. Maka saat kita sedang berdoa kita sedang beribadah. 

Di sebuah hadits dikatakan:

"Barangsiapa yang tidak mau meminta kepada Allah, Allah murka kepada orang tersebut.”

3. Mari kita manfaatkan Ramadhan, lakukan semua kebaikan, memperbanyak doa. Waktu saat Ramadhan sangat banyak. Tapi di bulan Ramadhan kita berlatih di sepertiga malam terakhir kita memperbanyak doa. Saat sahur kita berdoa. Saat menjelang berbuka kita berdoa. Kita adukan semua masalah hidup kita kepada Allah.

Wallahu'alam bisshawab 

0 Response to "Makna Surat Al Baqarah 186 "

Posting Komentar