Belajar dari Kucing



Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang disukai Rasulullah.
Selain menggemaskan kucing juga bisa sebagai obat disaat lelah dari bekerja atau berpergian, juga bisa sebagai penghilang stress.

Banyak yang mengatakan kalau perempuan belum menikah jangan dekat-dekat dengan kucing nanti tidak bisa punya anak. Menurut penulis, itu tergantung bagaimana si empunya kucing menjaga kebersihan diri dan si kucing.
Yang sering dikira menimbulkan penyakit adalah bulu kucing, padahal beberapa penelitian membuktikan bahwa penyakit itu timbul dari bakteri yang ada pada kotoran kucing dan menempel pada bulunya. Kalau kotoran kucing tidak bersih dan terbawa masuk ke rumah apalagi sampai menempel di mana hingga mengenai si pemilik maka kemungkinan besar akan terkena penyakit dari kotoran tersebut.

Suara kucing pun terkadang dipersalahkan, padahal suara kucing bisa sebagai penghilang stress, dan ini sudah penulis rasakan. Ketika lelah dan banyak pikiran mengelus-elus dan mendengarkan suara dengkurannya membuat tenang. Melihat kucing benar-benar memberikan energi positif disaat lelah.

Seperti yang disampaikan di atas bahwa kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang disukai Rasulullah, bahkan ada satu kisah di mana itu menunjukkan betapa Rasulullah menyayangi kucing, suatu ketika ada kucing tidur di jubah beliau, dan apa beliau lakukan? Beliau tidak membangunkannya apalagi mengusirnya, beliau tetap membiarkan kucing itu terlelap. Dan ini juga menunjukkan bahwa kucing ini bersih, terbukti dari beliau tidak jijik dengan kucing dan membiarkannya tidur dijubah.

Kucing juga hewan yang penuh dengan inspirasi, banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari seekor kucing ini, diantaranya :
1. Kucing adalah hewan yang sangat bersih.
Penah melihat kucing selalu menjilati tubuhnya? Itu disebut mandi, kucing membersihkan tubuhnya dengan cara menjilatinya dan tahukah bahwa air liur kucing ini tidak najis juga tidak mengandung kuman yang berbahaya.

2. Kucing adalah hewan yang pantang menyerah.
Tentu kita pernah melihat kucing mengejar hewan lain, yang tak lain adalah mangsanya. Ia akan terus mengejarnya sampai mendapatkannya.

3. Kucing hewan yang setia
Selalu diikuti jika mau pergi? Itu salah satu bentuk kesetiaan kucing kepada pemiliknya. Satu kisah yang benar-benar membuat haru. Ada dua kisah yang berbeda yang membuat air mata sempat menitik. Kisah pertama, sebuah keluarga memiliki seekor kucing yang telah lama dirawat. Kemana pun si pemilik pergi, Ia selalu mengikuti, terkadang harus sembunyi-sembunyi agar tak ketahuan, saat mendengar suara sang pemilik ia langsung dengan segera menghampirinya. Hingga saat meninggalnya karna disakiti oleh kucing yang lain, ia seakan ingin berpamitan dengan sang pemilik, menjelang kematiannya, ia duduk di dekat sang pemilik, sampai akhirnya ia meninggal. Kisah kedua, seorang ibu yang tinggal sendiri memelihara seekor kucing. Kucing ini juga sangat patuh dan setia, kemana ia pergi juga mengikuti, ia tak mau digendong atau disentuh oleh orang lain kecuali pemilik. Hingga suatu waktu pemilik ini pergi kerumah salah satu anaknya dalam waktu yang cukup lama, sebulan lebih. Kucing ini seperti kehilangan, ia meraung mencari pemiliknya. Akhirnya ia tinggal di rumah salah satu tetangga yang juga menyukai kucing. Beberapa bulan kemudian pemilik ini pulang, dan kucing tersebut kembali ke rumah dan perilaku juga setianya masih sama seperti sebelumnya, meski sudah ditinggal berbulan-bulan.

Selain tiga hal di atas, kucing juga hewan yang bisa mengerti situasi dan kondisi sekitar juga hati pemiliknya. Seperti memiliki ikatan hati antara kucing dan pemiliknya. Saat sang pemilik dilanda susah dan sedih ia seolah seperti bisa merasakan, tingkahnya pun tidak seperti biasa dan menggambarkan seperti yang sedang dialami sang pemilik.

Sayangilah kucing dan jangan menyakitinya. Berilah makan dan minum jika melihat kucing yang tak bertuan. Karna kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah dan kita sebagai manusia harus memiliki rasa kasih sayang terhadap hewan.
Beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil dari seekor kucing tidak hanya hal-hal di atas, ketika memelihara kucing maka akan nampak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil darinya.


Sleman, 05 Februari 2018

Yuliasfita

0 Response to "Belajar dari Kucing "

Posting Komentar